RESENSI BUKU ANAK

Resensi buku cerita anak
Judul buku : Fabel Qur'an
Penulis : Muhammad Iqbal
Ilustrator : Kak Fery
Penerbit : Pro-Kids
Cetakan : 2016
Jumlah Halaman : 9 buku masing- masing 16 halaman

Anak kecil semenjak bayi umumnya menyukai hewan. Konon, anak-anak akan lebih betah bermain dengan hewan dari pada mainan karena saat bermain bersama hewan, anak-anak mengamati secara langsung tingkah polah hewan dan kemudian anak tertarik untuk bereksplorasi lebih jauh. Nah, selain mengenalkan hewan secara langsung, kita juga dapat mengenalkan hewan melalui buku bacaan. Salah satu buku yang berisi tentang hewan adalah Fabel Qur'an.

Buku garapan Muhammad Iqbal ini dibuat untuk memperkenalkan anak-anak pada karakteristik hewan serta menceritakan juga kisah-kisah hewan tersebut yang diabadikan dalam Al Qur'an. Buku ini teridiri dari 9 seri, dengan judul sebagai berikut:
1. Unta Betina Nabi Shalih; Mukjizat Allah yang Nyata
2. Burung dan Paus; Burung dan Nabi Ibrahim dan Paus Nabi Yunus
3. Semut dan Nabi Sulaiman; Kagum atas Perilaku Nabi Sulaiman
4. Keledai Nabi Uzair; Bukti Kebesaran Allah terhadap Hambanya
5. Gajah Abrahah; Memilih Jalan Kebenaran demi Akhirat
6. Sapi bani Israil; Allah Maha Kuasa atas Segala Sesuatu
7. Burung Hud-hud; Pembawa Berita yang Akurat
8. Anjing Ashabul Kahfi; Qitmir, Anjing yang Setia pada Kebenaran
9. Burung Gagak; Habil dan Qabil

Buku bi lingual Indonesia-Inggris ini dalam setiap judulnya menceritakan tentang hewan dan karakteristiknya dengan sudut pandang aku sebagai hewan. Setelah berkenalan dengan hewan tersebut, penulis menceritakan kisah perjalanan Nabi, tokoh dan penjahat dari kaca mata si hewan. Setiap halamannya terdiri dari 1 paragraf pendek berisi 3-6 kalimat, baik dalam bahasa Indonesia dan Inggris. Diakhir buku, penulis merangkum hikmah yang bisa diambil dari karakeristik hewan serta dari kisah Nabi, tokoh, maupun penjahat. Buku yang murah meriah ini juga diisi dengan ilustrasi penuh warna dengan kertas glossy sehingga tidak mudah dicorat-coret. 

Dari segi cerita, buku ini sangat menarik karena selain mengenalkan karakteristik hewan, anak-anak juga diajak untuk mengenal cerita Nabi-nabi dan tokoh maupun 'penjahat' dalam Al Qur'an. Anak-anak dikenalkan makna iman dan perjuangan mempertajankan iman kepada Allah, bagaimana perjuangan Nabi Allah dalam berdakwah pada kaumnya serta bagaimana Allah mengalahkan orang-orang yang memusuhinya. 

Buku ini ringkas namun padat penjelasan, untuk itu lebih cocok untuk anak yang sudah bisa membaca, meskipun tidak masalah untuk anak balita karena buku penuh warna dan ilustrasinya menarik. Kelemahan buku ini karena kertas yang digunakan tipis sehingga mudah sobek. Selain itu, ada beberapa pilihan kata yang susah dipahami oleh anak-anak.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memanfaatkan Pangan sebagai Obat

Kue Obi Isi Coklat

Capek