Melihat Anak Makin Mandiri

Alhamdulillah sudah memasuki hari ke 6 tantangan 10 hari Melatih Kemandirian. Banyak perkembangan yang sudah Kak Fa capai, salah satunya inisiatif untuk mandi. Beberapa hari ini dia meminta mandi sendiri, tanpa bunda menawarkan apalagi mendesaknya. Mandi pagi dan sore berjalan lancar dan sekarang Kak Fa sudah mulai bisa memakai sabun merata ke seluruh tubuh. Tidak hanya itu, sore hari Kak Fa juga memandikan adeknya, dari mulai nyiram air, memakai sabun dan membilasnya. Bunda mau campur tangan tapi dilarang. 

Selain mandi, saat mandi sore Kak Fa yang sempat berlama-lama asik menggosok gigi dengan pasta gigi rasa baru setelah pasta gigi lama habis. Mungkin dia suka rasanya, sehingga meminta 2 x sikat gigi, dan itu menurut saya bersih, jauh lebih bersih dari biasanya yang cuma sikat gigi kilat (alhasil gigi susunya sudah bolong sana-sini). Selain itu, tanpa sengaja Kak Fa juga mengajarkan dek Fa bagaimana sikat gigi. Adek mengikuti gaya kakaknya, baru berhenti setelah Kak Fa berhenti sikat gigi.

Mungkin ay-bun ada yang tidak sepakat dengan anak mandi bersama? Saya sebenarnya juga ingin anak mandi sendiri-sendiri. Tetapi, Adek yang suka banget main air, kalau mendengar kata 'mandi' langsung ribut minta lepas baju kemudian ikut mandi. Kadang kakaknya yang ketika adek mandi, maksa mau mandi bareng adek. Untuk itulah, saya ingin Kak Fa segera bisa mandi sendiri, supaya segera bisa mandi sendiri, tanpa bantuan ayah-bunda dan tanpa direcoki oleh Adeknya. Ini bagian dari proses saya mengajarkan pendidikan seksual sejak dini, meski masih banyak kedodolan sana-sini... 

#harike06
#tantangan10hari
#level2
#melatihkemandirian
#kuliahbunsayiip

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memanfaatkan Pangan sebagai Obat

Kue Obi Isi Coklat

Capek