Review Buku 5 Guru Kecilku 2

Judul: 5 Guru Kecilku (Jilid 2)
Penulis: Kiki Barkiah
Penerbit: Mastakka Publishing
Tebal Halaman: 266 Halaman
Buku 5 Guru Kecilku merupakan kumpulan kisah Teh Kiki Barkiah dalam mendidik 5 anaknya sewaktu tinggal di San Jose, Amerika. Tulisan dalam buku ini awalnya adalah 'diari' dari Teh Kiki yang dituangkan dalam media sosial, kemudian karena antusiasme pembaca beliau satukan tulisan itu dalam sebuah buku dengan menambahkan beberapa perkembangan anak-anak beliau ketika buku akan diterbitkan. Buku inipun berhasil meraih simpati publik dan menjadikan beliau dikenal oleh masyarakat luas dan diundang dalam berbagai seminar parenting.

Buku ini bertutur tentang perjuangan Teh Kiki dalam membesarkan 5 anak di negeri seberang yang notabene suasana religinya berbeda dari tanah kelahiran. Dengan berbagai pertimbangan, Teh Kiki memilih mendidik anak-anaknya dengan metode homeschooling. Untuk membantu mengajar sisi ilmu pengetahuan, anak-anaknya diikutkan dalam sekolah virtual gratis dari pemerintah Amerika Serikat. Layaknya ibu pada umumnya, Teh Kiki juga menghadapi segala tingkah polah anak-anak yang menguras habis emosi, dan dalam buku ini beliau tuangkan lengkap dengan bagaimana beliau mengatasinya. Selayaknya judul buku yang diangkat, segala masalah yang beliau hadapi selama mendidik anak-anak malah menjadi tempatnya belajar dan mengembangkan diri. Beliau selalu memposisikan diri untuk bisa memahami apa yang dirasakan anak-anak sehingga beliau mampu menangani permasalahannya anak-anak dengan metode yang tepat tanpa banyak membuang waktu dan emosi.

Teh Kiki dalam bukunya juga menyertakan informasi-informasi bagi ayah bunda, untuk dapat mengakses perlengkapan pendukung dalam mendidik ananda. Selain itu, melalui buku ini sangat terasa semangat teh Kiki dalam mendidik dan mengasuh anak-anaknya. Yang kurang menarik dalam buku ini adalah layout tulisan yang kurang menarik, tulisan quote yang desainnya masih minimalis, tidak adanya ilustrasi gambar dan jenis kertas yang digunakan dalam buku kertas buram.

Buku ini cocok untuk dibaca oleh ayah maupun ibu, bahkan guru karena buku ini mencontohkan bagaimana menghadapi anak-anak yang unik, yang masing-masing memiliki cara tersendiri untuk belajar dan berkembang. Pembahasan dalam buku pun cukup ringan, bisa dibaca kapan saja dan dimana saja.  Dalam buku terdaoat pula ada contoh-contoh bagaimana menghadapi permasalahan anak. Buku ini juga sangat menginspirasi setiap keluarga supaya mendayagunakan semua sumber daya dan menghindari kesia-siaan. Jadi, jangan menunda untuk membaca buku ini, Mom...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memanfaatkan Pangan sebagai Obat

Kue Obi Isi Coklat

Capek