Mau Naik Bis Gedhe

Ya, inilah salah satu keinginan anak saya. Akhir-akhir ini, dia sering kali mengajak Bunda naik bis, sama Ayah, Adek dan Bunda. Kemana? Ya pokoknya naik bus gedhe (Big Bus). Selama itu, bunda hanya bisa mengingatkan dia, dulu saat berusia 1 tahun 10 bulan, pernah naik bis gedhe jalan-jalan ke taman safari bersama teman kantor Ayah. Tapi yang namanya anak kecil, dia tidak ingat.

Kebetulan saya mengikuti komunitas edukasi anak, hsri Rabu tanggal 8 kemarin ada Family Day Out di Taman Wisata Matahari. Saya mencoba soundig semenjak beberapa hari sebelumnya bahwa keinginan Kak Fa nail bis gedhe akan segera terwujud. Dan seharu sebelumnya, sedari pagi bunda mengingatkan besok kita akan piknik naik bis gedhe.

Kakak Fa senang bukan main, sampai sore haripun dia mengulang-ulang cerita bersama adeknya

Kakak: Besok kita naek bis gedhe ya Dek, sama Ayah, sama Adek, sama bunda (dan semua orang yang bisa dia sebutkan namanya dia sebut satu persatu)
Bunda: Wah, banyak sekali yang ikut ya. Bis gedhenya muat banyak ya?
Kakak: Iya...
Bunda: Besok kita ke Taman Wisata Matahari. Kemana, Kak?
Kakak: Naik bis gedhe... (belum bisa menyebutkan taman wisata matahari dengan lancar)
Bunda: Iya... nanti segera tidur ya, besok pagi bangun subuh
Kakak: Iya...

Sampai akhirnya malam menjelang jam 9.30 dia baru tidur, lebih malam dari biasanya.

Proses sounding ke anak memang sangat penting, membantu anak bersiap-siap dan membuatnya belajar juga tentang kosa kata baru. Sounding ini ternyata juga butuh ilmu KISS, keep information short and simple. Seperti hanb saya praktekan ke anak, dia hanya bisa mengulang naik bis gedhe, daripada pergi piknik ke taman wisata matahari, karena kosa kata TWM baru sesekali dia dengar, berbeda dengan naik bis gedhe yang selain diulang-ulang lebih sering, dia juga melihat dan pernah mengalaminya.

Berdoa supaya perjalanan besok menyenangkan!

#Tantangan10hari
#Harike6
#Level1
#KuliahBunSayIIP
#KomunikasiProduktif

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memanfaatkan Pangan sebagai Obat

Kue Obi Isi Coklat

Capek