Aneka Resep Minuman untuk Batuk Pilek Anak

Sosok Ibu tentunya khawatir ketika batuk pilek melanda si kecil. Ketika batuk pilek melanda, anak-anak cenderung lebih lemas dan susah makan. Rewel pasti, apalagi ketika pilek sampai menyumbat hidung. Saking terganggunya, kebanyakan akan segera memeriksakan si kecil ke dokter supaya cepat memperoleh penanganan. Beberapa Ibu memilih untuk menangani sendiri batpil si kecil dengan menyediakan aneka makan dan minuman bergizi. Namun bila si kecil susah makan, minuman menjadi andalan untuk menyuplai gizi, daya tahan dan mengobati batpil si kecil. Nah, Aneka resep minuman dari member Rumbel Boga IIP Jogja berikut ini patut dicoba jika untuk mempercepat penyembuhan buah hati.

1. Jus Tomat-Jeruk (Mom Ratri)
Jus tomat dan jeruk kaya akan vitamin C yang berfungsi sebagai penangkal radikal bebas dan peningkat daya tahan tubuh. Tomat juga kaya akan betakaroten dan likopen yang berfungsi untuk menyokong kesehatan tubuh.

2. Jus Belimbing-Buah Naga (Mom Ratri)
Kedua buah ini juga dikenal kaya akan vitamin C. Buah naga kaya akan vitamin B1, B2, B3, kalsium dan zat besi yang bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh, sedangkan kandungan vitamin B3-nya juga mampu untuk meredakan batuk si kecil. Belimbing kaya akan flavonoid. Supaya tidak terlalu masam, tambahkan sedikit gula dan perbanyak air putih. Saring jus setelah di blender, sehingga jus lebih encer untuk memudahkan si kecil menelan.

3. Wedang Empon-Empon (Mom Latifa)
Dari namanya mungkin terbayang minuman ini seperti jamu-jamuan. Tapi jangan salah, ramuan empon-empon berupa jahe merah dan kencur ditambah dengan sereh, cengkeh dan jeruk nipis bisa diolah menjadi minuman yang menyegarkan dan bisa melegakan saluran nafas. Jahe dikenal mampu menghangatkan tenggorokan dan meredakan batuk dan kencur mengandung kurkumin sebagai antioksidan dan peningkat daya tahan tubuh. Cengkeh sebagai rempah asli Indonesia dan sereh juga memiliki efek menghangatkan badan. Cukup geprek herba-herba tesebut dan tambahkan gula aren serta gula batu supaya rasanya lebih disukai anak-anak.

4. Teh Lemon Madu Hangat (Mom Nuy)
Resep ini andalan banget untuk ananda dari Mom Nuy yang manjur mempercepat penyembuhan buah hati dari batuk pilek. Lemon yang kaya vitamin C dan madu yang dikenal sebagai obat dari berbagai penyakit dipercaya bisa meredakan batuk kering. Tetapi, untuk anak sebaiknya tidak diberikan, karena dalam teh terkandung banyak kafein dan tanin. Efek kafein sebenarnya dinetralisir dengan adanya tanin, tetapi tanin juga mengikat zat besi sehingga penyerapan zat besi bisa terganggu.

5. Lemon Jahe Madu (Mom Afa)
Campuran Lemon, jahe dan madu bisa dijadikan penjaga imun tubuh. Cara membuat minum ini cukup membutuhkan waktu. Siapkan madu 300 mL, lemon 1 buah dan jahe 2 jempol diiris tipis-tipis, kemudian susun bergantian di toples rapat. Lemon, jahe dan dituangi madu secara bergantian sampai habis. Ramuan ditutup rapat dan simpan disuhu ruang selama 2 hari. Gunakan untuk membuat wedang dengan menyertakan seiris lemon dan beberapa iris jahe setiap pagi bangun tidur dan malam menjelang tidur. Apabila anak tidak suka rasa pedas jahe, cukup ambilkan beberapa sendok madu kemudian tambahkan air hangat.

Semoga resep ini bermanfaat untuk bunda :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memanfaatkan Pangan sebagai Obat

Kue Obi Isi Coklat

Capek